Penayangan bulan lalu

Sabtu, 02 Juli 2016

MUDIK ASYIK JANGAN TINGGALKAN SHOLAT

MUDIK ASYIK YANG RAPI JALI

Musim mudik sudah tiba, kaum urbanpun tak mau ketinggalan dengan moment tahunan ini. Semangat silaturahmi yang unik, dan mungkin hanya ditemui di Negeri tercinta, INDONESIA.

Kendaraan yang digunakan beraneka rupa, dari sepeda motor biasa, hingga naik pesawat bagi yang kelebihan dana.

Bagi pemudik,  macet adalah hal biasa. Sehingga harus disiapkan kesabaran tingkat tinggi. Bagi pengguna mobil pribadi, jadwal perjalanan bisa di setting sendiri. Tapi bagi pengguna mobil umum, tentunya harus mengikuti aturan pak Sopir Dan Kondektur.

Biar mudik lebih tertib, bagusnya dipersiapkan jauh-jauh hari. Apalagi yang punya Baby Balita, pasti butuh tenaga ekstra. Popok yang harus siap sedia, makanan pelengkap di perjalanan dan tetek bengek khas balita, apalagi pakai susu Formula, tentunya air panas harus siap sedia.

Selain persiapan yang matang, ada hal yang sangat penting yang akhir-akhir ini suka dilalaikan para pemudik, yaitu sholat 5 waktu.

Untuk yang sedang melakukan perjalanan, Allah memberi keringanan dengan tidak berpuasa. Tapi untuk shalat, Allah sangat tegas agar manusia tak lalai melakukannya. Tapi Allah cukup memahami keadaan makhluknya. Makanya diberi rukhsoh dengan adanya Jama' dan Qoshar.

Shalat Jama', adalah sholat penggabungan dari dua waktu sholat. Tapi tak berlaku untuk sholat shubuh. Dan sholat jama' ini terbagi dua, bila penggabungan waktu sholat maju ke depan, berarti jama' Takdhim, sedangkan untuk penggabungan waktu sholat mundur, disebut jama' Takhir. Contohnya si pemudik ingin sholat asyar tapi mau dirangkai dengan dzuhur dengan waktu dzuhur, berarti ini termasuk jama' takdzim.

Oia, selain bisa di jama', buat pemudik bisa juga di Qoshar loh, yaitu meringkas jumlah rakaat sholat menjadi 2 rakaat dari 4 rakaat. Tentu temen-temen tahu kan, sholat apa saja yang 4 rakaat.

Nah, ga sulit kan ? Jadi tak ada alasan untuk meninggalkan sholat. Kalau mudik identik dengan silaturahmi yang sunah, kenapa harus meninggalkan sholat yang jelas wajib.

Selama Mudik....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar