Penayangan bulan lalu

Rabu, 01 Juni 2016

NASIHAT SANG GALON KOSONG

Segerombolan anak-anak usia belasan, menyambangi rumah tiap blok dengan memukul galon kosong sambil sahut-sahutan berteriak "Sahur.... Sahur.... Sahur...."

Terlihat penghuni rumah menyalakan lampu dapurnya guna mempersiapkan hidangan santap sahur.

Tapi sebagian rumah lagi,  ada juga yang tak bergeming, pulas dalam tidurnya. Sehingga membuat anak-anak mengeraskan bunyinya hingga penghuni rumah merasa terganggu dan akhirnya bangun.

Entah sejak kapan kebiasaan itu ada, dan di kecamatan Cidahu kabupaten Kuningan  orang setempat menyebutnya "obrog-obrog".
Alat yang dipukulnya pun bermacam-macam.  Galon kosong itu dipadu padan dengan  peralatan bekas lainnya sehingga terjalin harmony baru.

Seandaianya pasukan obrog-obrog tak lewat, penduduk sekitar akan banyak yang kesiangan sehingga waktu sahur jadi mepet ke imsakiyah. Terlebih yang tidurnya pulas bisa jadi bablas sampai shubuh.

Itulah Fitrah manusia yang karena khilafnya selalu harus ada yang menyadarkan. Mending kalau disadarkan langsung bangun, kalau ada yang menyadarkan tapi ngeyel bahkan marah-marah sudah barang tentu kebablasan ke ambang jurang kecelakaan.

Kebiasaan makan yang tak teratur, sadar-sadar setelah dokter memvonis asam urat dan kolesterol tinggi. Seorang mahasiswa baru sadar kalau selama ini belajar berleha-leha setelah waktu ujian hampir dekat.

Diantara kita sering pula terdengar ucapan, "Perasaan baru kemarin lebaran, eeee...... sekarang sudah mau Puasa lagi". Yang menyadarkannya juga ga tanggung-tanggung yaitu via iklan sirup dalam nuansa buka puasa di Televisi.

Haruskah manusia disadarkan terus ? Sejatinya manusia terlahir harus sadar bahwa dirinya memang dipilih Allah sebagai khalifah di bumi ini dan beribadah kepada-Nya.
Tugas khalifah adalah mengurus dan merawat bumi dengan segala sistem yang ada didalamnya. Dan sebagai Abid (orang beribadah) bertugas menghambakan diri pada sang Khaliq. Penghambaan ini banyak cara dan pintu untuk meraihnya.

Saudaraku seiman,
Bulan penyadaran sebentar lagi akan menghampiri kita. Allah menyeru manusia untuk sadar dan kembali dengan pertaubatan. Menyadari akan fitrah yang Allah titahkan agar selamat dari jurang kenistaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar