Penayangan bulan lalu

Selasa, 21 Juni 2016

MUHASYABAH DI PERTENGAHAN RAMADHAN

Suasana buka bersama

15 hari sudah kita bercengkrama dengan yang namanya Ramadhan. Sebuah bulan yang kata bulan sya'ban adalah bulan yang dirindukan. Bulan yang ditunggu semesta karena segala amal diganjar berlipat ganda.


15 hari sudah cukup, dimana perut kita beradaptasi dengan yang namanya ibadah shaum. Perut tak protes lagi dan mulai terasa ringan dengan kondisi sekarang. Bahkan anak yang sedang menyusupun, sudah mulai terasa biasa, berbeda dengan awal dibawa shaum.
Berdoa sebelum berbuka



15 hari ini, apa yang sahabat rasakan dalam ruhiyah ibadah ? Sudahkan "Feel" Tilawah menghunjam masuk ke dalam dada ? Bergetarkah waktu menyebut nama Allah ? Kalau itu biasa-biasa saja, tak ada beda dengan sebelumnya. Itu mungkin, karena banyaknya dosa yang menebal, yang belum kita taubati.


15 hari sudah dilalui, tadarus di masjid-masjid begitu hidup. Golongan bapak-bapak di malam hari, dan ibu-ibu di pagi sampai menjelang siang hari. Pemandangan ini hanya bisa ditemui di bulan Rahmat ini, bulan dimana telah diturunkannya Alquran.  Ketika melihat hal serupa ini, timbul kekaguman dan berharap kalau selamanya seperti bulan Ramadhan.


15 hari telah berlalu, tilawah kita terasa biasa atau seperti hari biasa. Itu sudah dipastikan bahwa gaung rindu di bulan sya'ban adalah Rindu yang palsu. Apalagi kalau di bulan ini sampai tak mau membaca Alquran, sudah dapat dipastikan kalau di bulan lain, lebih jauh dan tak mau interaksi dengan Alquran.


15 hari yang tersisa, gunakan selalu selagi umur masih dikandung badan. Jangan sampai menyesal karena yang dirindu akan meninggalkan kita. Perbanyak istighfar agar tebalnya dosa, dapat Allah tipiskan dan perlahan bersih kembali. Bayangkan dosa-dosa yang kita lalui, betapa itu akan membuat malapetaka di kemudian hari. Saat inilah untuk bertaubat dan membenci untuk tidak melakukanlah lagi.


15 Hari lagi, masih ada saat untuk mengencangkan segala amal. Bertakorub sedekat-dekatnya hingga erat tak terpisahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar