Penayangan bulan lalu

Kamis, 23 Juni 2016

TAK SELAMANYA PUASA BIKIN SEHAT


Judul diatas, saya ambil dari pernyataan seorang dokter, yang jadi peserta pelatihan KMO batch 6. Beliau bicara seperti itu, karena berdasarkan survei yang dilakukan di Rumah Sakit tempatnya bekerja, justru pasien meningkat selama bulan Ramadhan ini.

Begitu pula hasil obrolan saya dengan warung yang ada di sekitar. Ternyata obat seperti Para**X, Pan**ol, Prom*g menjadi paling laris selama bulan Ramadhan. Bahkan untuk obat maag, mengalami peningkatan yang signigikan.

Padahal, jauh-jauh hari kita sering mendengar ungkapan "Puasa itu menyehatkan". Bahkan, hasil penelitian banyak yang menceritakan tentang manfaat puasa bagi kesehatan tubuh.

Salahsatu alasan baiknya puasa yaitu karena ketika puasa, maka konsumsi makanan dan juga minuman yang kurang menyehatkan tubuh dapat dibatasi. Sehingga dampak buruk dari makanan & minuman yang kurang sehat tersebut dapat diminimalkan.

Bagi penderita jantung, ternyata terapi puasa sangat bagus, karena dengan puasa, HDL dalam tubuh bisa meningkat, sementara LDL bisa turun. Sehingga dengan kestabilan kolesterol dalam darah yang bagus, maka kesehatan lebih terjaga.

Dari segi kejiwaan juga, puasa bisa lebih menenangkan jiwa dan pikiran. Karena selain makan dan minum, emosi kitapun harus dijaga, sehingga efek positif bagi tubuh.

Lantas, mengapa jadi pada banyak yang sakit ? Pasti ada yang salah deh. Ibarat sebuah TV kalau penggunaannya keluar dari Buku Panduannya, maka pasti akan terjadi yang membahayakan.

Dan bila puasa yang berdasarkan penelitian menyehatkan, tapi yang terjadi sakit berarti ada yang melenceng dari SOP-nya.

Rosululloh mencontohkan berbuka dengan beberapa butir kurma, dan beberapa teguk air. Tapi dalam pelaksanaannya saat ini, justru ta'jilnya "bala-bapa" dan gorengan lainnya. Kemudian kolak bersantan dalam porsi besar serta kudapan lain yang jelek buat kesehatan. Sesuatu yang berlebihan, hasilnya suka Jelek.

Ditambah lagi punya kebiasaan, habis sahur tidur lagi. Ini yang sebenarnya mengundang penyakit. Padahal zaman Nabi, habis sahur atau subuh mereka berlomba-lomba beribadah sampai terbit matahari, karena pahala yang luar biasa.

Selain dari pola makan yang kurang aman buat tubuh, ditambah ngasah ruhiyahnya yang tak sesuai anjuran Nabi. Yang harusnya perbanyak tilawah Alquran, tapi zaman sekarang banyak terinterupsi dengan gadget atau sinetron.

Wallohu'alam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar